Tentang ID-COP

Indonesia Child Online Protection (ID-COP) adalah gerakan bersama untuk keselamatan anak Indonesia di Internet. Gerakan ini bersifat terbuka dan nirlaba. Berbagai organisasi pemerintah, bisnis, maupun masyarakat sipil yang concern terhadap keselamatan anak di ranah online, tergabung dalam gerakan ini.

ID-COP dibentuk di Jakarta pada 1 Desember 2014  di sela pertemuan yang dihadiri oleh sejumlah pihak antara lain; KPAI, ECPAT Indonesia, Nawala, Terre Des Hommes, Google Indonesia, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Jakarta, Kementerian PPPA, Himpunan Psikologi Indonesia, Bareskrim Polda Metro, Yayasan Kita dan Buah Hati, ICT Watch Indonesia.

ID-COP diharapkan dapat bertindak sebagai tim “reaksi cepat” jika ada anak yang menjadi korban, seperti pedofilia online, cyberbully, dan lain sebagainya. Untuk inisiasi awal, dibuatlah milis id-cop@googlegroups.com yang beranggotakan beberapa dari mereka yang hadir. ID-COP: Indonesia Child Online Protection mendorong berbagai pihak untuk mengadopsi buku panduan Internet Sehat dan menyeberluaskannya kepada publik.